• Sejarah Singkat Sepatu Safety

Sejarah sepatu safety dimulai pada awal abad ke-20 ketika keselamatan industri mulai menjadi penting. Sebelumnya, mengganti pekerja yang terluka adalah pilihan yang cepat dan juga ekonomis daripada menghabiskan uang untuk tindak keselamatan. Disatu sisi, pada tahun 1930 perusahaan  sepatu Red Wing mulai memproduksi sepatu bot berujung baja.

Pada tahun 1970, Kongres AS mengesahkan  undang-undang  untuk memastikan keselamatan pekerja dibawah undang-undang keselamatan dan kesehatan pekerja. Berdasarkan undang-undang ini, penggunaan sepatu safety diwajibkan untuk pekerja yang berada dilapangan kerja konstruksi dan industri pertambangan

Tak lama kemudian, sepatu safety terus berkembang sebagai  tren fashion dan produsen memulai untuk memproduksi  sepatu safety  dengan tampilan dan gaya baru untuk memenuhi ekspetasi dari konsumen. Selain itu, baja yang menjadi material utama dapat disubtitusikan dengan berbagai macam material seperti komposite ataupun plastik.

  • Apa itu Sepatu Safety

Sepatu safety adalah sepatu yang dibuat dengan memiliki bagian depan yang kuat dan dukungan protektif sehingga memiliki daya tahan yang lebih lama. Dukungan protektif yang dimaksud adalah untuk melindungi  jari-jari kaki dari segala jenis bahaya termasuk kompresi. Karena adanya baja  pada bagian depan, sepatu safety sendiri sering disebut dengan “Steel Toe Cap”. Sepatu ini dianggap  sebagai pelindung yang tertinggi untuk mengukur resiko dalam dunia industri.

  • Kenapa kita harus melindungi kaki kita

Kaki kita memiliki 26 tulang dan 38 sendi yang membantu kita untuk bergerak dan berjalan. Selain itu kaki kita juga memiliki otot, saraf, ligamen, dan pembuluh darah. Ini mengapa ketika jari kaki anda akan terasa sakit ketika tersandung atau tertimpa benda berat. Kecelakaan kerja seperti tertusuk atau tertancap benda tajam pun tak bisa dihindari dan juga dapat menyebabkan rasa sakit yang luar biasa. Maka dari itu untuk menghindarinya semua resiko terburuk, maka penggunaan sepatu safety dalam dunia industri diharuskan untuk mencegah hal yang tidak diinginkan

Recommended Posts