Kulit identik dengan barang yang mewah baik fashion ataupun industri yang menggunakan bahan kulit. Banyak sekali designer yang menggunakan bahan kulit sebagai bahan utama untuk menciptakan kesan yang elegant pada produk yang akan diproduksi. Untuk itu sebagai konsumen kita harus tau kulit manakah yang cocok untuk keperluan kita dengan mengetahui jenis dan tekstur dari kulit tersebut. Post ini akan membantu anda untuk mengetahui jenis-jenis kulit yang sering digunakan dengan penjelasan yang simple sehingga anda dapa memahami dengan mudah.

  • Full Grain

Jenis kulit terbaik yang terbuat dengan tidak menghilangkan bagian permukaannya. Jenis kulit ini adalah jenis kulit yang memiliki perkembangan patina secara alami seiring waktu. Kulit full grain menjadi material ideal untuk high-quality fashion leather goods.

  • Pull Up

Jenis kulit dari proses koreksi full grain dan melalui proses pewarnaan menggunakan aniline pada kulit untuk menciptakan efek yang dalam dan lebih cerah. Diakhiri juga dengan pemberian wax dan minyak transparan untuk memberikan efek lembut pada saat dipegang. Saat kulit ini ditarik maka warna akan berpindah dan lebih halus diarea yang ditarik. Maka tidak heran kulit ini akan lebih tipis daripada full grain.

  • Crazy Horse

Jenis kulit yang memberikan Wax tebal khusus pada bagian permukaan kulit full grain yang sudah dihaluskan. Wax ini akan memperbaiki serat kulit serta membuat beberapa perubahan kecil pada warna, bentuk dan tampilan bahan. Proses ini memberikan tampilan penuaan kulit yang indah secara waktu kewaktu sehingga menimbulkan efek vintage yang terkenal pada kulit crazy horse.

  • Suede

Jenis kulit bagian dalam kulit hewan (Sapi, Kambing, domba, atau rusa) yang diproses sehingga menciptakan tekstur yang lembut.

  • Nubuck

Jenis kulit yang diambil dari bagian luar kulit binatang yang permukaannya dihaluskan dengan menggunakan permukaan yang kasar sehinggak membuat efek yang lebih halus pada permukaan kulit.

  • Nappa

Jenis kulit full grain yang melalui proses penjemuran yang unik sehingga membuat kulit ini disebut sebagai smooth full grain atau kulit full grain yang halus.

Recommended Posts